PENANGANAN COVID-19 DI DESA WANOGARA WETAN

Virus Corona ( Covid-19) sekarang telah menjadi wabah dunia atau yang disebut dengan Pandemi. termasuk di negara kita Indonesia telah menyebar dengan cepat dan masif. Sampai dengan hari ini tanggal 23 Juni 2020 jumlah kasus positif secara nasional berjumlah 46.845 jiwa, dengan kasus sembuh sejumlah 18.735 jiwa, dan kasus meninggal sejumlah 2.500 jiwa. Dibutuhkan kerjasama seluruh masyarakat untuk dapat mengatasi pandemi ini, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai dengan pemerintah desa. Pemerintah desa Wanogara Wetan telah berusaha secara maksimal bersama seluruh lapisan masyarakat dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Langkah pertama yang dilakukan Pemerintah Desa yaitu membentuk Satuan Gugus Tugas (SATGAS) Pencegahan Covid-19 dengan diketuai oleh Kepala Desa Wanogara Wetan, Bapak Muhammad Akhyar Siarno. Untuk anggota disi oleh seluruh pemerintah desa, perwakilan lembaga desa, tokoh masayarakat, dan tokoh agama, serta pemuda. Langkah kedua adalah membentuk posko sterilisasi di gerbang desa dan posko-posko di masing-masih wilayah Dusun, serta membntuk posko utama di kantor Balai Desa.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Satgas dan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di Desa Wanogara Wetan antara lain melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum desa, seperti Masjid/Mushola, Sekolahan, dan Pasar. Penyemprotan juga dilakukan pada posko sterilisasi di gerbang desa pada kendaraan-kendaraan yang masuk desa. Dengan melibatkan pengurus RT kami pemerintah desa juga melakukan penyemprotan desinfektan pada pemukiman di masing-masing RT. Selain melakukan penyemprotan kami juga melakukan penanganan dini terhadap Covid-19 yaitu dengan mendata seluruh warga desa Wanogara Wetan yang mudik dari perantauan dengan pengecekan suhu badan dan menghimbau para pemudik untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Dengan dibantu PKK dan juga dari beberapa masyarkat pemerintah desa melakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat dan para pemudik (ODP = Orang Dalam Pemantauan).

Kegiatan penanganan dan penceahan Covid-19 di desa Wanogara Wetan sampai saat ini masih berlangsung. Marilah kita semua menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan, dan semoga pandemi Covid-19 ini cepat hilang. Aamiin.

One Comment

  • terimakasih kepada Pemdes Wanwet..semoga desa kita tercinta dijauhkan dari segala mara bahaya dan semakin maju serta berjaya!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top